Breaking News
Loading...
Wednesday, 4 July 2012


Anda melihat wanita ini berputar searah jarum jam atau berlawanan arah jarum jam?
Jika searah jarum jam, maka Anda lebih banyak menggunakan otak kanan dan sebaliknya.

Herald Sun

Sebagian besar dari kita akan melihat wanita ini berputar searah jarum jam, tapi Anda dapat mencoba untuk fokus dan mengubah arah.

Sifat atau ciri-ciri orang yang menggunakan otak kiri ataupun otak kanan:

Dari sini terlihat dominasi penggunaan otak Anda, dan kecenderungan cara berfikir Anda. Bagaimanapun juga setiap manusia memiliki masing-masing kelebihan dan kekurangannya. Mengetahui kelebihan dan kekurangan diri sendiri membuat Anda lebih bijak mengarungi kehidupan.

Pada dasarnya ada banyak cara untuk mengetahui apakah kita lebih dominan pada otak kanan atau otak kiri, tapi saya hanya akan menunjukkan 2 cara pada kalian dan metode yang digunakan sangatlah mudah dan bisa langsung dicoba

1. Cara pertama, metode jempol tangan:
Metode ini adalah cara yang digunakan banyak ahli untuk menentukan type otak yang lebih dominan, caranya adalah silahkan kalian melemaskan pergelangan dan jari tangan anda dengan cara menggoyang-goyangkan tangan anda, setelah itu satukan tangan kalian dengan tiba. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar:
cara penentuanya adalah dengan melihat jempol tangan kalian.jika jempol tangan yang berada di paling atas adalah jempol tangan kanan, maka berati otak kalian yang lebih dominan adalah otak kiri. Dan begitu juga sebaliknya

2. Cara Kedua, metode mengupil:
Metode ini memang agak jorok, kenapa? Karena penilaianya adalah berdasarkan kebiasaan kalian pada saat ngupil. Cara penilainya adalah jika kalian lebih sering ngupil dengan tangan kanan, maka berati otak kiri kalianlah yang lebih dominan. Dan begitu juga sebaliknya.

3. Cara Ketiga, metode tangan:
Jika tangan anda seperti gambar ini maka otak dominan adalah kiri. Sama seperti melihat jempol, maka lihatlah tangan mana yang berada dibawah, untuk gambar di atas, tangan kiri yang berada dibawah, maka kiri yang dominan.

Hasilnya:
1. Tes A: Kanan + tes B: Kiri => (seimbang cenderung kanan):
Sangat perhatian, konvensional, berbelit-belit, cepat akrab dengan orang lain, waspada, pengalah dan stabil.
2. Tes A: Kanan + tes B: Kanan => (dominan otak kanan):
Suka tantangan dan bersikap apa adanya, cepat bertindak, imajinasi kuat, selalu ingin tahu dan suka tantangan, ceroboh dan nekad, jarang mendengarkan pendapat.
3. Tes A: Kiri + tes B: Kiri => (dominan otak kiri):
Berdedikasi, cuek, perfeksionis, logis, selalu merasa benar, bisa dipecaya, memiliki banyak hal yang membanggakan, lawan yang tangguh.
4. Tes A: Kiri + tes B: Kanan => (seimbang cenderung kiri):
Suka mengurusi orang lain, berbakat jadi pemimpin, pandai berbicara dan menyiasati situasi, perhatian, tenang, bertanggung jawab, selalu berhati-hati dalam penampilan.

Menurut para Ahli, penggunaan otak yang dominan secara berlebihan justru akan mengakibatkan kerja otak non dominan justru tak berfungsi. Oleh karna itu kita harus melatih kerja otak kita agar bisa berimbang nantinya.


Semoga bermanfaat....

0 comments:

Post a Comment